Minggu, 19 Desember 2010

Mengurus Bayi dengan menciptakan RUTINITAS

Mengurus Bayi Ibu

Senangnya, saat Ibu keluar dari rumah sakit dan membawa bayi Ibu pulang kerumah. Inilah saatnya Ibu memulai hidup baru bersamanya. Minggu-minggu pertama adalah tahap berkenalan lebih jauh dengan bayi Ibu. Mengenali kebiasaannya dan menyiapkan keperluannya.

Pada tahap ini, yang terbaik untuk dilakukan adalah mengikuti kemauan bayi semampu Ibu. Mungkin ia lebih sering minta disusui ketika Ibu nyenyak tidur di malam hari. Atau tiap 15 menit ia menangis karena popoknya basah.

Setelah Ibu berhasil melewati beberapa minggu, maka Ibu bisa mulai memiliki rutinitas baru.

Ikuti rutinitas bayi ibu

Bayi menuruti kebiasaannya sendiri, makan dan tidur pada saat tubuhnya memerlukan, jadi sulit memaksakan rutinitas tertentu.

Ibu bisa mencoba membedakan siang dan malam dengan mengatur cara pemberian susu dan berinteraksi dengannya sesuai waktunya. Jangan terlalu mematok jadwal yang ketat . Membangun rutinitas harian sebaiknya dilakukan bertahap untuk memberi kestabilan pada bayi dan merencanakan aktivitas harian yang lebih baik.

Dengan begitu Ibu punya waktu lebih untuk istirahat. Jangan ragu untuk mengikuti kata hati Ibu .Coba amati bayi Ibu, lambat laun Ibu pun terbiasa dengan kebutuhan mereka. Mengenali kapan waktu makan, tidur atau bahkan waktu untuk memeluknya.

Perhatikan pola harian bayi Ibu

Bayi memang seolah mengubah kebiasaannya setiap hari. Tapi sebenarnya kebiasaannya itu berubah tiap minggu lalu tiap dua minggu. Tiap bayi punya pola sendiri dan Ibu perlu untuk mengetahui bagaimana kebiasaan-kebiasaan itu saling berkaitan.

Jika terasa ada yang salah, biasanya karena pola alamiah bayi Ibu terganggu oleh sesuatu. Periksalah kondisi sekitar dan pastikan bayi minum susu dengan baik dalam selang waktu yang teratur. Saat Ibu telah mengetahui kebiasaan menyusui bayi maka Bayi Ibu akan merasa puas karena perutnya kenyang. Ia pun bisa tidur nyenyak Saat bangun, mereka akan segar kembali dan siap melakukan aktivitas.

Menciptakan rutinitas untuk Ibu

Ibu bisa menciptakan cara sendiri sewaktu mengurus bayi Ibu. Misalnya, agar memudahkan saat Ibu mengganti popok di rumah Ibu bisa menyiapkan tempat khusus yang lengkap dengan segala keperluan bayi. Berikan mainan di dekat bayi untuk menarik perhatiannya saat Ibu mengganti popoknya.

Saat memandikan bayi Ibu bisa mengatur segala perlengkapan mandi yang diperlukan dan membuat suasana waktu mandi jadi spesial.

Cara ini dapat mencegah bayi Ibu kedinginan dan dapat membantu Ibu mengingat bagian tubuh mana yang sudah dibersihkan!

Saat menyusui Ibu bisa memilih kursi yang nyaman. Siapkan segelas air putih atau susu hangat untuk Ibu minum dan slabber/slabetje atau sapu tangan saat Ibu menyendawakan bayi setelahnya.

Mengerjakan hal-hal kecil seperti ini setiap waktu akan membantu membentuk pola alamiah Ibu sebagai ibu. Cara ini juga memudahkan dalam mengurus si kecil dan membuat Ibu rileks. Meski butuh persiapan dan kesabaran extra, tapi Ibu akan membiasakan diri dan menciptakan ikatan yang lebih erat dengan bayi Ibu.

Minta bantuan

Sebagai ibu baru, mungkin segala yang Ibu lakukan belum sempurna. Semua ibu perlu belajar dari waktu ke waktu. Bahkan sebagian ibu perlu meminta bantuan keluarga atau orang lain dalam hal merawat bayi. Jangan takut untuk berbicara dengan dokter, bidan ,teman atau keluarga yang datang berkunjung – mereka datang untuk membantu Ibu dan bayi Ibu. Atau kenapa tidak berkonsultasi dengan tim ahli kami? Kami selalu senang membantu, apalagi kebanyakan pembimbing kami juga ibu-ibu, jadi kami juga pernah mengalaminya. Atau bila Ibu ingin melihat pendapat Ibu lainnya, Ibu bisa mengunjungi forum.

http://www.clubnutricia.co.id/new_mum/first_weeks_practical_tips/article/establishing_a_routine

3 komentar:

Anonim mengatakan...

soo sweet.....

upick abu mengatakan...

soo sweet...

upick abu mengatakan...

very sweet...